Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 24 Oktober 2010

artikel aksesoris rumah kaca

Pernahkah Anda melihat kaca air (water curtain) yang menjadi elemen penghias ruangan di salah satu restoran, dan hotel? Jika pernah dan Anda menyukainya, bisa dipastikan Anda langsung menyenangi ruangan yang ada didalamnya. Kesan nyaman dan segar yang dimunculkan dari keindahan kaca ini bisa jadi membuat Anda tak ingin segera beranjak dari ruangan tersebut.
Memang, pemandangan air yang menetes lalu merambat di kaca ini mampu memunculkan sensasi tersendiri bagi indera penglihatan kita. Unsur air yang menjadi aksen pada kaca air ini mempunyai karakter penting apalagi ketika mendengar gemerisik air. Otomatis, akan membangun suasana yang lebih hidup dan tenang.
Meski keberadaanya belum begitu banyak tersebar di berbagai tempat, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendukung estetika di rumah. Bahkan Anda tak perlu repot mencari tambahan hiasan lainnya setelah mengaplikasikan si kaca unik ini dalam sebuah ruangan. Selain berfungsi untuk mempercantik ruangan, kaca air ini juga dapat berfungsi sebagai pembatas ruangan /partisi sehingga orang tidak bisa langsung melihat ke dalam ruangan atau rumah.
Ada dua jenis kaca air yang kerap digunakan yakni permanent dan yang  bisa dipindah-pindah kemanapun. Untuk kaca air yang dipasang permanent berarti Anda memerlukan banyak bahan bangunan seperti semen, pasir, dan sebagainya. Sedangkan untuk kaca air yang dapat dipindah-pindah, Anda dapat menggunakannya sesuai kesempatan dan keperluan saja. Kira-kira, untuk peletakan yang tepat dimana saja ya?
  • - Di ruang tamu
Karena memiliki elemen air maka kaca air ini dipastikan mampu membuat ruangan lebih segar. Bahkan kaca air dapat menggantikan keberadaan akuarium di rumah Anda. Jangan lupa Anda sesuaikan besar kaca air dengan besar ruangan Anda. Karena saat ini sudah tersedia beragam model, bentuk, ukuran, dan tipenya. Untuk ukuran, ada yang besar dan kecil sedangkan untuk model dan bentuk hingga kini masih didominasi bentuk persegi.
- Di ruang keluarga dan dapur
Dengan memanfaatkan fungsinya sebagai penghalang ruangan maka kaca air lebih pantas diletakkan di ruang keluarga dan dapur. Namun, bila dapur Anda mungil, jangan memaksakan memasang kaca air berukuran besar. Bisa-bisa, ruangan akan menjadi sempit dan terkesan sumpek.
- Di pintu kamar mandi
Sebaiknya Anda tak salah mengaplikasikan maksud penggunaan kaca air ini. Hanya gunakan pada pintu sebuah kamar mandi yang berada di dalam ruang tidur. 

Setelah mengetahui ruangan mana saja yang dapat diaplikasikan dengan kaca air, Anda jangan lupa untuk memperhatikan:
- Keamanan dan kebersihan ruangan
Maksudnya disini, Anda perlu memilih jenis kaca air yang aliran airnya berada dalam dua kaca yang disatukan. Tujuannya untuk menghindari anak Anda bermain-main dengan air tersebut. Jika kaca air tersebut hanya mengalir pada satu sisi saja, bisa saja anak Anda ingin memainkannya sehingga air menciprati lantai rumah.
- Siapkan dana khusus
Kisaran harga untuk kaca air mulai dari Rp 1,5 juta keatas. Harga ini bisa saja dipengaruhi oleh ukuran dan lokasi Anda membelinya. Karena jika Anda membeli di took besar, bisa saja harganya menjadi lebih mahal. Bentuk kaca air ini berupa air mengalir dan melewati permukaan melalui media berupa senar berbahan khusus yang dinamakan curtain lace. Melalui bentuk ini, kaca air memang terlihat seperti tirai dari air. Ukuran tebal senar tergantung dari tinggi kaca air. Tebalnya senar menentukan ketinggian kaca air. Apabila terlalu tinggi, cukup memakai benang yang halus.
Saat ini sudah ada penyuplai khusus untuk mengerjakan curtain lace ini. Sebagai bagian penting dari kaca air, bahan material kaca dan unsur air  ini memiliki karakteristiknya tersendiri. Karakter kaca yang transparan sebagai elemen interior mampu memberikan efek visual ruangan terlihat lebih luas.
- Penataan  dan pemeliharaan
Jaga kebersihan area sekitar kaca air karena kaca yang transparan dan bersih akan tetap menampilkan keindahan aliran air tersebut. Kaca air dimatikan dulu (posisi off) lalu lap dengan menggunakan kain kering.  Perhatikan juga posisi on-off kaca air. Jangan sampai saat kaca air dalam posisi tidak menyala (off), air yang tidak mengalir akan menggenang dan menjadi sarang jentik nyamuk.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar