Senin, 22 November 2010

Keindahan Laut Jadi Aksesoris

Keindahan Laut Jadi Aksesoris


klik untuk melihat foto
Terumbu Karang
Perhiasan, gantungan kunci dan berbagai aksesoris bisa saja tercipta dari berbagai hasil laut. Syaratnya sederhana, butuh kreativitas dan menjaga agar laut tetap menghasilkan kekayaannya.

Kulit kerang, bisa dijakana mainan. Rumah - rumah keong kecil yang telah mati bisa juga dijadikan mainan untuk tirai rumah.

“Banyak hal bisa kita buat asalkan kita mau berkreasi,” tutur Hardymansyah, kepala Balai Perikanan Ikan Payau (BPIP) Dinas Kelautan dan Perikanan Mentawai.

Ia memperlihatkan, hasil karya tim kerjanya. Terdapat hiasan berupa cincin, gantungan kunci, bros jilbab dan hiasan rumah. Semuanya terdiri dari bahan-bahan alam di sekitar pantai yang ada di daerah tersebut.

“Sekarang tinggal bagaimana kita memasarkannya saja,” tambahnya.


Tidak hanya itu, kita bisa saksikan di berbagai tempat penjualan aksesori. Pasir putih, di kepualauan mentawai dan daerah lainnya di Sumatera Barat juga menjadi pelapis bingkai photo. Berbagai aksesoris rumah, mainan meja, gantungan kunci dan masih banyak lainnya bisa saja dibuat dari bahan yang melimpah terseut.

“Tanpa merusak terumbu karang, kita bisa hasilkan jutaan rupiah,” kata Kepala dinas kelautan dan perikanan mentawai, Edi sukarni. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar